Hampir setiap perguruan dan komunitas tenaga dalam yang ada di tanah air, teknik dasarnya menggunakan pernafasan. Pernahkah terbesit penasaran dalam benak Anda, “Mengapa tenaga dalam menggunakan olah pernafasan?”

Sebab pernfasan adalah jalur kehidupan setiap makhluk. Pernafasan adalah sumber daya kehidupan manusia yang mensuplai energi ke dalam ruhani dan jasmani.

Nafas berperan penting mengatur berfungsinya setiap bagian tubuh Anda. Mulai dari otak yang ada di kepala, hingga ujung kaki Anda. Manusia bisa bertahan hidup tanpa makanan hingga 21 hari, tanpa minum manusia bisa bertahan sampai 4-7 hari. Sedangkan pada umumnya manusia tanpa nafas, hanya bisa bertahan antara 60-120 detik.

Itulah mengapa pernafasan menjadi salah satu kerja tubuh yang paling vital. Energi ciptaan Tuhan tersebar secara tak terhingga di alam semesta ini. Sebagian besar enegri tersebut bertebaran di udara.

Udara yang mengandung energi ini, kita hirup setiap harinya. Sehingga membuat tubuh kita memiliki daya dan kekuatan untuk bertahan hidup.

Lantas, dalam ilmu tenaga dalam energi yang kita hirup dalam keseharain tidak hanya sebagai sumber daya hidup. Tapi juga diolah dan diproses untuk dimanfaatkan sebagai solkusi kehidupan.

Apa itu Pernafasan Segitiga?

Pernafasan segitiga umum dipraktekkan dalam latihan meditasi. Secara mudahnya, pernafasan segitiga memadukan “tarik-tahan-lepas” dalam melakukan pernafasan.

Orang-orang zaman dahulu, terutama orang Jawa, melakukan lelaku kesaktian semedi (meditasi) dipadu dengan teknik pernafasan segitiga. Itulah mengapa teknik dianggap berasal dari tanah Jawa. Bedanya dengan teknik pernafasan segitiga pada teknik tenaga dalam modern yaitu, jika pernfasan segitiga teknik tardisional pengamalnya diharuskan konsenstrasi penuh.

Maka pada teknik tenaga dalam modern justru sebaliknya. Pada teknik tenaga dalam modern saat melakukan pernasafan segitiga, pengamalnya justru dianjurkan bersikap rileks dan berposisi senyaman mungkin. Tidak dipaksa untuk berkonsentrasi penuh.

Selain itu, pada pernafasan segitiga tradisional pengamalnya diharuskan membaca mantra-mantra khusus. Sedangkan pada teknik tenaga dalam modern, tidak ada kewajiban untuk membaca mantra dan memang tidak ada mantra yang panjang dalam prakteknya.   

Apa Manfaat Teknik Pernafasan Segitiga?

Setiap perguruan dan komunitas tenaga dalam memiliki teknik yang berbeda-beda dalam penggunaan teknik pernafasan segitiga. Pada umumnya teknik pernafasan segitiga tersebut dibarengi dengan merapalkan mantra tertentu.

Berbeda dengan teknik tenaga dalam modern tidak ada mantra atau bacaan yang harus dihafalkan. Pernfasan segitiga dimanfaatkan sebagai “jembatan” untuk mengakses energi dari alam semesta.

Terlepas dari itu, pernafasan segitiga memiliki manfaat istimewa sebagai berikut:

  • Mengurangi Stres dan Beban Pikiran

Ketika Anda terbiasa dengan pola pernafasan segitiga, maka tubuh dan pikiran akan menyesuaikan dengan rileksasi efek dari pernafasan tersebut. Anda pun terbiasa dengan pola nafas yang santai, tidak terengah atau terbata-bata. Pola nafas yang santai inilah yang akan mengurangi tekanan pikiran yang berlebihan.

  • Mengurangi Kecemasan Berlebihan

Kecemasan adalah gangguan psikis, namun bisa juga berdampak kurang baik bagi fisik. Manakala kecemasan yang dialami terlalu berlebihan. Gangguan ini berkaitan dengan beban pikiran yang berlebihan dan kondisi psikis yang terlampau tegang.

Dampaknya pada fisik, muncul keringat dingin, sesak nafas secara tiba-tiba, detak jantung tidak beraturan. Serta muncul kondisi-kondisi tidak normal pada tubuh.

Untuk menguranginya, pikiran harus rileks. Aliran nafas dan energi yang keluar-masuk tubuh harus dalam kondisi selaras dan seimbang. Metode pernafasan segitiga, mengatur pola nafas agar membuat tubuh menjadi rileks dan terhindar dari kecemasan.

  • Memperlancar Aliran Darah

Aliran darah di dalam tubuh yang terhambat sangat berbahaya. Banyak sekali penyakit yang muncul karena aliran darah tidak normal. Misalnya, darah tinggi, penyumbatan pembuluh darah, dan sebagainya.

Pernfasan segitiga mengondisikan tubuh agar bernafas secara teratur. Sehingga aliran darah di dalam tubuh pun lancar. Sehingga tubuh cenderung sehat dan bugar.

  • Perlindungan pasif

Asupan energi yang dibawa masuk ke dalam tubuh melalui pernafasan segitiga, secara alami membentuk medan perlindungan yang sifatnya pasif. Bilamana mengalami cedera, maka cedera yang dialami cenderung lebih ringan dan ternetralisir. 

Meski secara alami membentuk perlindungan pasif. Namun, untuk meraihnya dibutuhkan teknik khusus dan latihan yang konsisten.

  •  Meningkatkan Konsentrasi dan daya Fokus

Hal itu karena pada teknik pernafasan segitiga Anda dikondisikan untuk melakukan pola pernafasan yang teratur. Oksigen pun tersuplai cukup ke dalam otak. Ini akan membuat pikiran jadi lebih fresh, konsentrasi menjadi lebih baik, serta daya fokus meningkat.

Selain yang disebutkan di atas, ada lagi beberapa manfaat pernafasan segitiga. Seperti, membantu meringankan ketegangan otot yang berlabihan, menormal fungsi organ tubuh bagian dalam terutama jantung dan paru-paru.

Meningkatkan asupan oksigen ke dalam seluruh tubuh terutama bagian otak. Mencegah insomnia (gangguan susah tidur). Dan juga membantu meningkatkan antibody alami tubuh.

Apakah Ada Mantra untuk Praktek Pernafasan Segitiga?

Kebanyakan perguruan tenaga dalam memang mewajibkan muridnya merapalkan mantra saat melakukan olah pernafasan segitiga. Hal itu sah-sah saja. Sebab setiap komunitas atau perguruan tenaga dalam memiliki ciri dan karakternya masing-masing.

Tapi dalam teknik Tenaga Dalam Modern Aura Gayatri, tidak ada ada mantra dalam praktek pernafasan segitiga. Tidak tirakat dan puasa sebagai syarat.

3 Prinsip Pernafasan Segitiga

Setiap anggota persaudaraan Tenaga Dalam Modern Aura Gayatri, senantiasa dibekali 3 prinspi dalam melakukan latihan pernafasan segitiga. Ketiga prinsip tersebut yaitu:

  • Tarik-Tahan-Keluar
  • Tidak memaksa untuk berkonsentrasi
  • Semakin Teratur latihan Semakin Baik


Baca Juga Selanjutnya. Cara Bergabung Menjadi Anggota Persaudaraan Tenaga Dalam Modern (PTDM) Aura Gayatri >>