tenaga dalam tradisional vs tenaga dalam modern

Sekarang Era Tenaga Dalam Modern, Seperti Ini Bedanya dengan Tenaga Dalam Tradisional

Jika ada pertanyaan, tenaga dalam tradisional dengan tenaga dalam modern, bagus mana? Maka saya pribadi menjawab keduanya Sama bagusnya. Jika ditanya lagi, di antara keduanya lebih ampuh mana, maka jawabannya tidak ada yang lebih ampuh satu sama lain.

Yang membuat tenaga dalam menjadi ampuh dan berkhasiat bukanlah tenaga dalamnya. Tapi si pemakai atau si pengamalnya. Suatu ilmu paling ampuh pun jika si penggunanya tidak bisa memakainya dengan baik. Maka ibarat memberikan buku pengetahuan kepada keledai.

Lalu apakah sebenarnya perbedaan tenaga dalam modern dengan tenaga dalam teradisional?

  1. Pertama dari Segi Amalam

Tenaga dalam modern TIDAK memakai amalan, dzikir atau wirid. Tenaga dalam konvensional memakai amalan, dzikir dan wirid. Dan biasanya ini harus dilakukan secara rutin. Bacaan yang diamalkan pun biasanya berjumlah puluhan, ratusan kadang sampai ribuan kali pengulangan bacaan. Tujuannya sebenarnya untuk memantapkan kesungguhan.

 

  1. Dari Segi Teknik Gerakan

Tenaga dalam modern TIDAK melibatkan gerakan atau jurus-jurus tertentu. Sedangkan Tenaga dalam konvensional banyak menggunakan gerakan atau jurus. seringnya perguruan bela diri mengkombinasikan antara ilmu bela diri dan tenaga dalam. Sehingga jurus tenaga dalam satu dengan tenaga dalam lainnya akan berbeda-beda.

 

  1. Dari Segi Metode Pernafasan

Tenaga dalam modern TIDAK menggunakan metode pernapasan khusus yang rumit. Tenaga dalam konvensional selalu menggunakan metode pernapasan khusus karena beberapa praktisi berpendapat bahwa nafasa dalah aspek paling utama dalam kehidupan.

 

  1. Dari Segi Penggunaan Simbol

Tenaga dalam modern TIDAK memakai simbol atau lambang tertentu untuk meningkatkan pencapaian energy. Tenaga dalam konvensional ada yang berasal dari Asia Timur baisanya memakai penggambaran simbol atau lambang tertentu.

 

 

Nah itu tadi beberapa perbedaan mendasar antara tenaga dalam modern dan tenaga dalam konvensional atau tenaga dalam tradisional. Baik tenaga dalam modern dan tenaga dalam tradisional sama baiknya.

 

Hanya saja, tenaga dalam modern penggunaannya lebih cenderung pada masyakarat modern yang biasanya memiliki waktu yang sempit. Sehingga teknik tenaga dalam modern ini pun disesuaikan agar lebih efektif cara dan manfaatnya.

 

Leave a Comment